ads

Cara Membuat Bot Telegram untuk Pemula dengan Mudah [Dengan Gambar]

            Pastinya kalian tidak asing dengan aplikasi "Telegram", aplikasi ini adalah salah satu aplikasi chatting yang populer dan sampai saat ini Telegram sudah di download lebih dari 1M+ kali di playstore. Telegram juga menjadi aplikasi chatting yang sangat powerfull karena fitur dan kecepatan yang diberikannya, banyak fitur yang bisa di nikmati seperti tentang bagaimana cara kalian menyimpan kontak hanya dengan username dan tidak perlu menyimpan nomor atau sebaliknya pun bisa, telegram juga menyediakan berbagai macam cara untuk membuat group dan channel, namun salah satu fitur yang paling memungkinkan untuk dikembangkan oleh orang awam adalah bot yang disediakan oleh telegram.

            Bot telegram adalah sebuah robot pembantu yang bisa dibuat oleh semua orang dan gratis, dengan bot banyak hal yang bisa dilakukan seperti membuat pengingat (kerja, report, dll), pemberitahuan cuaca, gempa bumi, dll. Sangat banyak hal yang bisa dibuat dari bot telegram, pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa tahapan dan cara bagaimana cara membuat bot telegram tanpa aplikasi tambahan apapun dan cukup hanya aplikasi Telegram saja. 
Baca Juga : Cara Set Line Clamp di CSS | Batasi Baris Teks dengan CSS  (2 atau 3 baris saja)

Tahapan Cara Membuat Bot Telegram :

1. Cari "Bot Father" pada kolom Pencarian. (botfather)

2. Masukkan Perintah /start untuk memulai.

3. Masukkan Perintah /newbot untuk membuat bot, kemudian masukkan nama bot dan Enter 

4. Masukkan username bot dengan diselipkan kata "bot" seperti pada gambar, kemudian Enter.

5. Bot yang kalian buat sudah jadi dengan diberikan API Key seperti pada Gambar.

Kalian bisa menggunakan API Key itu untuk apapun sesuai dengan dokumentasi layanan yang kalian gunakan, kalian bisa request kepada saya untuk membahas "Bagaimana cara membuat Reminder dengan API Key" pada kolom Komentar dibawah. Selanjutnya kalian bisa klik link yang diberikan untuk diarahkan kepada bot baru kalian dan pada tampilan ini kalian bisa Edit Photo Profile dan keterangan lainnya dengan klik logo Pensil pada pojok kanan atas. Sesuaikan semau kalian.

Bagaimana Cara Hapus Bot Telegram:

1. Buka kembali Bot Father kemudian gunakan Perintah /deletebot kemudian masukkan Username Bot

2. Akan ada Konfirmasi seperti pada gambar, kalian bisa mengirim pesan seperti yang di perintah

3. Bot kalian sudah berhasil di Hapus dan akan muncul pesan seperti berikut


Terimakasih sudah membaca Artikel "Bagaimana Cara membuat bot Telegram", semoga bermanfaat bagi kalian, jika kaian suka kalian bisa rekomendasikan kepada teman kalian dan kalian juga bisa request tutorial apalagi yang ingin di bahas pada kolom komentar 






Fajriyan

Hi, I'm fajriyan, this is my writing platform, I usually write about things related to web development and some tips and tricks that need to be noted

Posting Komentar

Silahkan berdiskusi atau memberi usulan disini, namun yang sopan ya, terimakasih

Lebih baru Lebih lama