ads

Apa itu Roadmap dalam Web Development, Fungsi, dan Contoh Roadmap

            Roadmap adalah sebuah kumpulan panduan belajar yang disusun berdasarkan profesi keahlian yang dituju. Misalnya Roadmap seorang frontend developer, maka isi dari kursus isinya materi frontend seperti HTML, CSS, Javascript, dan framework terkait frontend developer. Oleh karena itu roadmap adalah sebuah jalur belajar. 

           Pada artikel ini kami akan membahas mengenai 2 roadmap dalam website development yaitu frontend developer dan backend developer, keduanya jelas sangat berbeda dalam suatu website development namun keduanya juga saling terikat dalam website development, frontend developer biasanya mengurusi website di bagian depan atau bagian tampilan website yang setelah dibuat oleh seorang UI/ UX Desainer namun jika backend developer biasanya akan mengurusi bagian operasinal dari website tersebut, entah Rest API atau yang lainnya. Perbedaan dari frontend dan backend developer masih sangat beragam, jika kalian penasaran kalian bisa request untuk ditulis apa perbedaan antara keduanya.

Apa itu Roadmap dalam Website Dev

            Roadmap sangat bermanfaat untuk membantu kalian dalam belajar pemrograman lebih rapi dan terstruktur, roadmap juga menjadikan kalian tidak ada bagian yang tertinggal ketika sedang belajar pemrograman, namun tipe belajar seseorang terkadang berbeda dengan roadmap itu sendiri sehingga roadmap terkadang hanya menjadi pandual awal saja. Namun bagi kalian yang baru pertama belajar pemrogramman dan ingin berfokus kepada website development kalian bisa melihat roadmap frontend dan backend developer dibawah ini.

1. Frontend Developer Roadmap

            Tahapan awal dari frontend developer adalah selalu di mulai dari HTML, karena HTML adalah sebuah kerangka dari website tersebut, selanjutnya akan dilanjutkan dengan CSS yang berfungsi sebagai style untuk HTML itu sendiri dan setelah kalian paham keduanya kalian pasti akan membutuhkan JS untuk melakukan beberapa interaksi dari website itu sendiri. Selengkapnya kalian bisa langsung melihatya dibawah ini.


# Untuk keterangan lebih lanjut bisa kalian kunjungi disini : Roadmap Frontend Developer


2. Backend Roadmap

            Tahapan selanjutnya adalah backend developer, dimana backend developer biasanya lebih rumit dibanding frontend developer karena backend mengurusi proses flow website dari awal sampai akhir, pada awal roadmap frontend developer kalian akan mempelajari mengenai Git sebagai fundamental sebelum kalian memasuki bahasa pemrograman yang akan kalian gunakan, selanjutnya kalian bisa langsung melihatnya dibawah ini.


# Untuk keterangan lebih lanjut bisa kalian kunjungi disini : Roadmap Backend Developer


Kesimpulan

            Roadmap adalah alur belajar kalian, pada kasus ini adalah roadmap web development maka bisa disimpulkan adalah alur belajar pemrograman yang dapat membantu kalian belajar dengan lebih terstruktur dan menghindari bagian yang tertinggal karena terlupa. Roadmap juga membantu kalian harus belajar apa setelah ini dan kalian bisa lebih memahami skill kalian sekarang sampai titik mana.

Terimakasih🙏 sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat, saya juga membuka diskusi di kolom komentar namun yang sopan ya, 
# thanks to roadmap.sh
Fajriyan

Hi, I'm fajriyan, this is my writing platform, I usually write about things related to web development and some tips and tricks that need to be noted

Posting Komentar

Silahkan berdiskusi atau memberi usulan disini, namun yang sopan ya, terimakasih

Lebih baru Lebih lama